Tanaman Hidroponik Sistem Sumbu Solusi Tepat Untuk Pemula


Sistem Hidroponik Sumbu
Bagi Anda yang ingin memulai budidaya tanaman hidroponik, tetapi masih bingung harus memulai dari mana. Maka artikel berikut ini akan memberikan sebuah solusi bagi Anda, sehingga Anda dapat segera praktek budidaya tanaman hidroponik. Tanaman Hidroponik memiliki beberapa sistem yang sangat populer untuk digunakan dalam skala hobi ataupun skala bisnis. Salah satu sistem hidroponik yang paling mudah untuk dipraktekkan adalah sistem hidroponik sumbu.


Prinsip utuma sistem hidroponik sumbu adalah sebagaimana prinsip dasar yang berlaku pada kompor minyak atau kompor sumbu. Yakni, larutan nutrisi yang diperlukan oleh tanaman hidroponik akan disalurkan melalui perantara sumbu, yang umumnya dengan menggunakan media sumbu dari kain flanel. Sistem sumbu, merupakan sistem hidroponik yang paling mudah dan sederhana. Dalam sistem ini tidak memerlukan banyak peralatan. Sehingga dari segi harga, sistem hidorponik sumbu ini memiliki harga yang paling ekonomis.


Adapaun beberapa peralatan yang termasuk dalam sistem hidroponik sumbu ini, antara lain adalah :
  • Bak Nutrisi : Berfungsi untuk menampung larutan nutrisi yang akan disuply ke akar tanaman hidorponik.
  • Sumbu : Media yang dijadikan sebagai perantara antara akar tanaman dan larutan nutrisi
  • Mesin Airator : merupakan mesin yang berfungsi untuk menghasilkan gelembung udara didalam larutan nutrisi. Sehingga kandungan oksigen didalam air tetap terjaga.
Pada dasarnya, sumbu dalam sistem ini hanya berfungsi pada saat tanaman masih memiliki akar tanaman yang pendek. Yaitu ketika tanaman hidroponik masih dalam umur 1-2 Minggu setelah tanam. Sedangkan, ketika tanaman memasuki umur minggu ke-3 maka sumbu ini tidak akan berfungsi kembali. Karena tanaman telah memiliki akar yang cukup panjang, sehingga dapat secara langsung mengambil nutrisi yang tersedia tanpa melalui perantara kain sumbu.


Sistem sumbu ini akan sangat membantu bagi Anda yang masih pemula dalam budidaya tanaman hidroponik. Ketika anda telah mampu dan berhasil menumbuhkan tanaman melalui sistem ini, maka anda akan lebih mudah untuk menggunakan sistem hidroponik yang lain, seperti halnya sistem NFT.

Dipersembahkan oleh : DuniaPertanian.net
Bagikan ke teman-temanmu yuk...

Postingan populer dari blog ini

Jangan Salah Pilih Bibit Tanaman Hidroponik

Persiapan Lahan Budidaya Cabai Hidroponik Sistem Fertigasi

Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon