Alat Ukur Nutrisi Hidroponik


tds-meter-nutrisi-hidroponik
Dalam budidaya tanaman hidroponik, larutan nutrisi memegang peranan yang sangat penting. Ketersediaan nutrisi dalam sebuah larutan harus sesuai dengan nilai kebutuhan yang diperlukan oleh tanaman. Jika nilai nutrisi hidroponik didalam larutan terlalu tinggi, maka hal ini akan dapat meracuni tanaman. Sebaliknya, jika nilai nutrisi didalam larutan terlalu rendah, maka pertumbuhan tanaman akan terhambat sehingga menghasilkan tanaman hidroponik yang kerdil dan tidak maksimal. Agar tanaman hidroponik ini dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal, maka nilai nutrisi hidroponik harus diberikan dengan dosis yang tepat. Untuk dapat mengetahui nilai nutrisi terlarut ini, maka diperlukan sebuah alat ukur nutrisi hidroponik yang disebut dengan TDS / EC Meter.

TDS (Total Dissolve Solid) / EC Meter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur nilai keterlarutan suatu zat terlarut, baik zat organik ataupun non-organik yang terdapat dalam suatu larutan. TDS Meter memberikan informasi jumlah zat terlarut dalam satuan Part Per Million (ppm). Alat Ukur Nutrisi hidroponik berupa TDS Meter ini sangat penting dalam budidaya tanaman hidroponik. Dengan alat ini kita bisa mengetahui nilai nutrisi terlarut didalam air, apakah nilai tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan tanaman atau masih jauh dari kebutuhan tanaman.

Setiap tanaman yang dibudidayakan secara hidroponik, memiliki nilai kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Perhatikan Tabel kebutuhan nutrisi tanaman hidroponik berikut :

Tanaman Nilai PPM pH Air
Kangkung 1050-1400 5.5-6.5
Bayam 1260-1610 6.0-7.0
Selada 560-840 6.0-7.0
Sawi 1050-1400 5.5-6.5


Tanaman Bayam memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dengan tanaman selada. Hal ini harus diperhatikan ketika anda menanam tanaman secara hidroponik. Salah dalam pemberian nutrisi kepada tanaman, akan berakibat kepada pertumbuhan tanaman yang tidak normal. Bahkan resiko terburuknya adalah tanaman akan mati keracunan. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mempelajari cara menghitung kebutuhan nutrisi tanaman hidroponik. Karena hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman yang anda budidayakan.

Ketika nilai nutrisi yang diperlukan oleh tanaman telah sesuai dengan kebutuhan, maka tanaman hidroponik akan mampu tumbuh dengan optimal. Tanaman akan tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan tanaman yang ditanam secara konvensional.

Dipersembahkan oleh : DuniaPertanian.net
Bagikan ke teman-temanmu yuk...

Postingan populer dari blog ini

Jangan Salah Pilih Bibit Tanaman Hidroponik

Persiapan Lahan Budidaya Cabai Hidroponik Sistem Fertigasi

Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon