Nutrisi Tanaman Hidroponik Mix AB


nutrisi-tanaman-hidroponik-ab
Nutrisi Tanaman Hidroponik merupakan faktor esensial yang harus dipenuhi dalam bertanam secara hidroponik. Tanpa keberadaan nutrisi hidroponik, tanaman yang ditanam secara hidroponik tidak akan dapat tumbuh dengan optimal. Tanaman hidroponik sama seperti tanaman pada umumnya, memerlukan pasukan nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan. Jika tanaman pada umumnya memerlukan nutrisi berupa pupuk padat atau serbuk, maka tanaman hidroponik ini memerlukan nutrisi berupa larutan atau cairan. Nutrisi harus diberikan ke tanaman hidroponik dalam bentuk zat cair terlarut, sehingga nutrisi dapat dengan mudah diserap dan dimanfaatkan oleh tanaman.

Nutrisi Hidroponik terbagai dalam 2 jenis utama, dimana kedua nya harus diberikan secara bersamaan. Dua jenis nutrisi hidroponik adalah Nutrisi Mix A dan Nutrisi Mix B , dimana kedua nutrisi tersebut harus disimpan ditempat terpisah. Kenapa harus Mix A dan Mix B ? kenapa tidak dicampur menjadi satu kemasan menjadi Mix AB ? hal ini dilakukan untuk menghindari reaksi penggaraman terhadap unsur-unsur kima yang terdapat dimasing-masing larutan. Nutrisi hidroponik Mix A dan Mix B merupakan nutrisi yang mengandung unsur-unsur hara berupa garam, sehingga jika kedua unsur tersebut dicampur maka akan menghasilkan perkristalan garam.

Nutrisi hidroponik Mix A mengandung unsur hara makro yang dibutuhkan oleh tanaman, seperti unsur hara N, P, dan K. Unsur hara makro ini diperlukan tanaman sebagai sumber hara untuk pertumbuhan vegetatif tanaman. Pertumbuhan vegetatif tanaman ini meliputi akar, batang dan daun. Sehingga unsur hara ini sangat dibutukan oleh tanaman, terutama tanaman hidroponik yang dikembangkan dalam media air.

Nutrisi hidroponik Mix B mengandung unsur hara mikro yang diperlukan oleh tanaman. Disebut unsur hara mikro, karena dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit. Meskipun dalam jumlah yang sedikit, unsur ini harus diberikan ke tanaman. Jika unsur hara mikro ini tidak diberikan, maka pertumbuhan generatif tanaman hidroponik akan terhambat. Unsur hara mikro dibutuhkan tanaman hidroponik untuk pertumbuhan generatif, seperti pembungaan dan pembuahan. Unsur hara mikro dalam nutrisi hidroponik Mix B ini meliputi unsur Mg, Fe, dan Zn.

Nutrisi hidroponik memegang peranan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman hidroponik. Seperti halnya yang telah kita ketahui bersama dalam ulasan prinsip dasar budidaya tanaman hidroponik. Oleh karena itu, jika Anda memutuskan untuk menanam tanaman secara hidroponik, maka Anda harus menyiapkan nutrisi hidroponik mix A dan nutrisi hidroponik mix B. Sehingga tanaman dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Dipersembahkan oleh : DuniaPertanian.net
Bagikan ke teman-temanmu yuk...

Postingan populer dari blog ini

Jangan Salah Pilih Bibit Tanaman Hidroponik

Persiapan Lahan Budidaya Cabai Hidroponik Sistem Fertigasi

Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon