Hidrogel Tumor Payudara


Hidrogel Tumor Payudara

kankerInstitut Bioengineering dan Nanoteknologi (IBN) dan IBM Research (IBM) di Singapura telah mengembangkan hidrogel nontoksik baru yang mampu menyusut tumor payudara lebih cepat daripada terapi yang ada.

Hidrogel bervitamin E dan mengandung herceptin itu disuntikkan di bawah kulit tanpa menyebabkan respon inflamasi dan melepaskan obat antitumor secara perlahan selama beberapa pekan. Hal itu mengurangi pemberian obat secara langsung sekaligus meminimalisir perawatan.

Menurut direktur IBN, Profesor Jackie Y. Ying sejak 2003, IBN telah mengadopsi pendekatan multicabang untuk penelitian kanker. Salah satunya kini memaksimalkan teknologi nano untuk tumor payudara.

Tumor payudara merupakan kanker invasif paling umum yang banyak diderita perempuan di seluruh dunia. Hasil riset memperlihatkan satu dari empat pasien tumor payudara memiliki tingkat kelangsungan hidup lebih rendah karena di tubuhnya terdapat gen kanker yang dikenal sebagai human epidermal growth factor receptor 2 ( HER2+). Gen kanker tersebut membuat pertumbuhan tumor di payudara tak terkendali.

hidrogelSejatinya US Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat menyetujui herceptin untuk terapi untuk pengobatan HER2+. Obat itu diberikan secara intravena dengan lama proses sekitar 30-90 menit.

Sayang, pemberian infus herceptin membuat pasien menjadi tidak nyaman dan seringkali membuat pasien enggan berobat kembali. Sebab itu peneliti IBN dan IBM mengembangkan hidrogel biokompatibel dan biodegradable yang cukup disuntikan sekali, tetapi mampu melepaskan obat antitumor secara perlahan dalm kurun waktu tertentu.

Riset IBN juga memperlihatkan terapi hidrogel itu secara signifikan mampu mengecilkan ukuran tumor sebesar 77% selama 28 hari setelah hidrogel herceptin disuntikkan di lapisan subkutan hewan percobaan. Tampak hidrogel tersebut dapat membantu memberikan obat selama jangka waktu tertentu tanpa menyebabkan respon imun serta efektif melepaskan obat antitumor langsung kepada sel kanker tumor tanpa merusak sel sehat di sekitarnya. Istimewanya lagi hidrogel tersebut tidak memperlihatkan efek samping selama 6 pekan pascapenyuntikan hidrogel herceptin.


Dipersembahkan oleh : DuniaPertanian.net
Bagikan ke teman-temanmu yuk...

Postingan populer dari blog ini

Jangan Salah Pilih Bibit Tanaman Hidroponik

Persiapan Lahan Budidaya Cabai Hidroponik Sistem Fertigasi

Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon