Manfaat Sayuran Hidroponik Kailan Untuk Kecantikan


sayuran-hidroponik-kailan
Siapa yang tidak mengenal sayuran hidroponik kailan ? Kailan merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat populer, khususnya di restoran-restoran sea food atau restoran chines food. Kailan kaya akan kandungan mineral seperti kalium, mangan, zat besi serta fosfor. Kalium merupakan senyawa penting yang dibutuhkan untuk mengontrol tekanan darah serta detak jantung didalam tubuh manusia.

Tampil segar dan tampak awet muda, merupakan idaman setiap orang terutama bagi yang telah mencapai usia 30 tahun. Mengkonsumsi sayuran dan buah sangatlah penting. Berbagai jenis sayuran dan buah yang dikenal baik untuk kesehatan kulit, mengandung berbagai jenis vitamin. Salah satunya adalah sayuran hidroponik kailan, yang ternyata mampu mencegah penuaan dini.

Didalam 100 gram kailan, terdapat kandungan energi sebesar 22 kkal, karbohidrat 3,8 gr, serat 2,8 gr, protein 1,1 gr, lemak 0,7 gr, Vitamin A 1,638 IU, Vitamin C 28,2 mg, Vitamin E 0,5 mg, Vitamin K 84,8 mkg, asam folat 99 Mg, kalsium 100 mg, mangan 0,3 mg, Lutein-Zeaksantin 912 Mg. Dengan mengkonsumsi 100 kailan per porsi dapat memenuhi 1/3 asupan vitamin A yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu, kailan juga dapat menangkal kanker dalam tubuh. Sayur kailan dapat dibuat sebagai masker, dengan cara dihaluskan dalam blender, lalu ditambahkan buah delima, yoghurt, oatmeal, dan madu atau minyak zaitun. Campuran bahan tersebut dapat digunakan sebagai masker satu kali sehari. Jika memiliki jenis kulit kering dapat ditambahkan labu kuning yang juga telah dihaluskan.

Kailan juga kaya akan mineral, baik seperti kalium, mangan, zat besi serta fosfor. Kalium merupakan senyawa penting yang dibutuhkan untuk mengontrol tekanan darah serta detak jantung. Mangan dibutuhkan sebagai kofaktor enzim antioksidan. Sedangkan zat besi dibutuhkan untuk mengankut oksigen ke seluruh tubuh serta pembentukan sel darah merah.  Ketika kita mengkonsumsi kailan, enzim mirosinase akan mengubah glukosinolat menjadi isotiosianat. Selain itu, proses pemotongan dan pemasakan kailan juga akan menyebabkan sel-sel dalam kalian langsung bereaksi dengan glukosinolat. Menurut beberapa studi, isotiosianat merupakan senyawa penginduksi enzim yang mampu melindungi DNA dari serangan senyawa yang bersifat karsinogenik, sehingga mampu mencegah kanker.

Sangat luar biasa bukan ? banyak sekali manfaat sayuran hidroponik kailan yang masih termasuk dalam keluarga besar brokoli.  Semoga dengan artikel ini, kita lebih semangat lagi untuk mengkonsumsi sayuran guna menjaga kecantikan sekaligus kesehatan tubuh kita.

Dipersembahkan oleh : DuniaPertanian.net
Bagikan ke teman-temanmu yuk...

Postingan populer dari blog ini

Jangan Salah Pilih Bibit Tanaman Hidroponik

Persiapan Lahan Budidaya Cabai Hidroponik Sistem Fertigasi

Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon