Jenis Tanaman Air Hidroponik


tanaman-hidroponik
Tanaman air yang akan dibahas dalam artikel ini bukanlah tanaman yang memiliki habitat asli di air, tetapi akan membahas tentang tanaman yang dibudidayakan dengan media tumbuh air. Hidroponik merupakan sebuah teknik menanam yang memanfaatkan air sebagai media tumbuh tanaman. Dengan teknik hidroponik ini, hampir semua jenis tanaman dapat tumbuh dengan baik seperti halnya tanaman tersebut tumbuh dihabitat aslinya, dengan menerapkan beberapa jenis sitem hidroponik yang telah ada. Kunci utama pertumbuhan tanaman dalam teknik hidroponik ini adalah tersedua unsur hara yang diperlukan tanaman dalam larutan air.

Tanaman air pada umumnya merupakan tanaman hias untuk kolam, tetapi dengan teknik hidroponik ini bukan hanya untuk hiasan tetapi juga untuk tanaman yang menghasilkan seperti sayuran atau buah-buahan. Teknik bertanam dengan air atau hidroponik ini dapat menjadi solusi bagi anda yang tinggal didaerah tandus dengan tanah yang tidak subur. Karena dengan teknik ini, anda tetap dapat menyalurkan hobi bertanam Anda, karena anda hanya cukup menyiadakan air dan larutan nutrisi tanaman.

Berikut ini merupakan tanaman-tanaman yang dapat dibudidayakan dengan media air atau hidroponik.

  • Tanaman Sayuran, seperti : bayam, kangkung, kailan, pak coi, selada.
  • Tanaman Buah : Tomat, cabai, melon, semangka, paprika dan strowbery.
  • Tanaman Herbal : Mint , Basil & Grass


Anda dapat menerpakan teknik tanaman air hidroponik ini dirumah Anda, karena hidroponik memiliki segudang keuntungan, salah satunya tidak memerlukan lahan yang luas dan biayanya pun relatif murah. Saat ini, sistem hidroponik telah menjadi sebuah sistem budidaya tanaman yang populir dikalangan masyarakat modern. Mereka menyebutnya dengan ‘life style home gardening’, karena mereka dapat menyalurkan hobi berkebun tanpa harus memerlukan lahan yang luas dan subur. Mereka cukup menyediakan sebuah space yang terkena sinar matahari langsung, dan mereka bisa memulai untuk berkebung dengan sistem hidroponik yang ada.

Salah satu sistem hidroponik yang paling populer digunakan dalam skala rumah adalah sistem hidroponik sumbu dan mini NFT. Karena sistem kerja nya sederhana dan mudah untuk diaplikasikan oleh siapapun.

Dipersembahkan oleh : DuniaPertanian.net
Bagikan ke teman-temanmu yuk...

Postingan populer dari blog ini

Jangan Salah Pilih Bibit Tanaman Hidroponik

Persiapan Lahan Budidaya Cabai Hidroponik Sistem Fertigasi

Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon