Membuat Tanaman Hidroponik Modal 20rebu


Membuat Tanaman Hidroponik Modal 20rebu bukanlah hal yang mustahil. Karena pada dasarnya, hidroponik ini merupakan sebuah sistem yang sederhana dan mudah diaplikasikan dimana saja dan oleh siapa saja. Sayangnya, saat ini banyak pihak-pihak yang menjadikan hidroponik sebagai lahan bisnis. Sehingga harganya pun semakin sulit dijangkau, hal ini sangat disayangkan karena dapat menjadi batu hambatan bagi setiap orang yang ingin budidaya tanaman hidroponik tetapi dengan dana terbatas. Semoga dengan panduan ini, semua orang bisa mulai untuk membuat tanaman hidroponik tanpa kendala biaya.

Yuk kita langsung praktekkan membuat tanaman hidroponik modal 20rebu, simak panduannya berikut dan siapkan peralatan yang diperlukan :

1. Siapkan bibit tanaman hidroponik terlebih dahulu, jika Anda belum melakukan pembibitan, anda dapat mengikuti materi Menyemai Tanaman Hidroponik

2. Anda perlu menyiapkan Bak atau Baskom air , usahakan yang berbentuk persegi. Karena akan mampu menampung tanaman yang lebih banyak. Tinggi bak atau baskom air usahakan tidak kurang dari 20 cm.

 cara-membuat-tanaman-hidroponik-murah


3. Sediakan papan triplek atau gabus sterofoam yang ukurannya disesuaikan atau disamakan dengan ukuran bak penampung. Lalu lubangi sterofoam dengan diameter 5cm. Karena nanti kita akan menggunakan pot tanaman dengan ukuran 5cm. Usahakan jarang antar lubang tidak kurang dari 10 cm.

cara-membuat-tanaman-hidroponik-murah


4. Isi bak atau baskom air dengan larutan nutrisi. Untuk membuat larutan nutrisi, perhatikan komposisi berikut : 1 Liter air, dicampur dengan 5ml nutrisi Mix A dan 5ml Nutrisi Mix B. Isi bak air tersebut hingga 1/2 penuh. Jika untuk 1/2 penuh memerlukan 4 Liter air, maka tambahkan 20ml nutrisi Mix A aduk rata terlebih dahulu, lalu tambahkan 20ml Mix B dan aduk rata kembali.

cara-membuat-tanaman-hidroponik-murah


5. Bibit tanaman hidroponik hasil penyemaian dipindahkan kedalam pot tanaman. Tambahkan sumbu flanel jika diperlukan.

cara-membuat-tanaman-hidroponik-murah


6. Susun net pot yang telah berisi tanaman kedalam papan sterofoam. Atur posisi sedemikan rupa, sehingga air didalam bak penampung dapat naik atau terhubung dengan perakaran tanaman.

cara-membuat-tanaman-hidroponik-murah


7. Rawat tanaman anda, kontrol setiap pagi dan sore. Jika larutan nutrisi sudah mulai surut maka perlu ditambahkan dengan larutan nutrisi baru. Usahakan tanaman terkena sinar matahari 6-8 jam setiap harinya.

cara-membuat-tanaman-hidroponik-murah


Cukup mudah bukan, untuk membuat tanaman hidroponik. Kita bisa memanfaatkan barang-barang disekitar kita, sehingga akan lebih menghemat biaya. Demikianlah panduan membuat tanaman hidroponik modal 20rebu, hidroponik itu murah dan mudah. Sehingga dapat diaplikasikan oleh siapapun tanpa takut terkendala oleh biaya.

Dipersembahkan oleh : DuniaPertanian.net
Bagikan ke teman-temanmu yuk...

Postingan populer dari blog ini

Jangan Salah Pilih Bibit Tanaman Hidroponik

Persiapan Lahan Budidaya Cabai Hidroponik Sistem Fertigasi

Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon