10 Keuntungan Menanam Sayuran Hidroponik


sayuran-sehat-hidroponik
Budidaya tanaman hidroponik menjamin buah dan sayur yang anda nikmati selalu sehat, higenis dan bebas dari pestisida. Beragam penelitian membuktikan bahwa buah dan sayur yang memberikan banyak manfaat positif terhadap tubuh manusia. Namun, apakah anda yakin bahwa buah dan sayur yang Anda konsumsi bebas dari pestisida dan dihasilkan dari pertanian yang ramah lingkungan ?

Kini anda tidak perlu khawatir, karena sistem tanaman hidroponik memberikan sebuah solusi untuk menghasilkan buah dan sayur yang bebas dari pestisida dan ramah lingkungan. Sistem hidroponik juga merupakan sebuah sistem yang murah, mudah dan bersih sehingga dapat diaplikasikan dimana saja, oleh siapa saja dan kapan saja. Dilihat dari kata hidroponik yang berasal dari Yunani, memiliki arti sebagai budidaya tanaman yang memanfaatkan air dan tidak menggunakan tanah sebagai media tumbuh tanaman. Akibatnya sistem budidaya hidroponik tidak memerlukan lahan yang luas. Bahkan dari lahan 1 meter x 2 meter , anda dapat menghasilkan sayuran yang cukup untuk empat orang selama satu bulan.

Berikut ini merupakan 10 keuntungan budidaya tanaman hidroponik yang perlu anda ketahui :


  1. Melalui sistem hidroponik, tanaman dapat tumbuh dengan jumlah air dan nutrisi yang tepat, Bahkan, efisiensi penggunaan air dalam hidroponik mencapai 10% dari air yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh ditanah.
  2. Tanaman dapat ditanam secara bertumpuk atau bertingkat. Sehingga mudah diterapkan pada lahan terbatas seperti apartemen atau lingkungan padat penduduk.
  3. Sistem budidaya tanaman hidroponik tidak memerlukan tanah, sehingga hidroponik bisa dilakukan di daerah dengan kondisi tanah yang buruk atau bahkan tidak ada tanah sekalipun.
  4. Sistem Hidroponik juga dapat menjadi media edukasi bagi anak-anak terhadap pentingnya pertanian untuk hidup sehat selaras dengan alam.
  5. Kondisi dan lingkungan budidaya tanaman hidroponik dapat dikendalikan dengan menepatkannya didalam rumah kaca. Sehingga kebutuhan akan herbisida dan pestisida dapat berkurang atau bahkan dihilangkan.
  6. Memiliki sebuah sistem tanaman hidroponik adalah pengalaman unik dan menyenangkan. Kapan lagi anda dapat menyaksikan sebuah proses keajaiban tumbuhnya tanaman dari benih hingga siap panen ? Terlebih mendengar air mengalir yang secara tidak langsung mampu memberi ketenangan tersendiri saat bersantai dengan keluarga.
  7. Memiliki sistem hidroponik dapat menjamin ketersediaan sayur dan buah segar dirumah Anda.
  8. Sistem hidroponik tidak membutuhkan banyak biaya, waktu dan tenanga untuk menanam buah ataupun sayur.
  9. Sistem hidroponik memungkinkan anda untuk menanam buah dan sayur dengan hasil produksi maksimal dan tidak bergantung pada pengaruh cuaca.
  10. Sitem hidroponik tidak menghasilkan limbah yang berbahaya bagi lingkungan.

Itulah beberapa keuntungan sistem budidaya sayuran secara hidroponik, semoga artikel ini dapat memotivasi kita untuk dapat mengasilkan sayuran sehat dan higenis dari rumah.

Dipersembahkan oleh : DuniaPertanian.net
Bagikan ke teman-temanmu yuk...

Postingan populer dari blog ini

Jangan Salah Pilih Bibit Tanaman Hidroponik

Persiapan Lahan Budidaya Cabai Hidroponik Sistem Fertigasi

Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon