Manfaat Buat Tomat Hidroponik Untuk Kesehatan


tomat-hidroponik
Bagi para penggemar sambal dan lalapan, tomat merupakan salah satu jenis buah sayur yang harus tersedia diatas piring. Bahkan tidak sedikit dari kita, yang mengkonsumsi tomat secara langsung layaknya kita mengkonsumsi buah-buahan. Rasanya yang segar dan kandungan air yang melimpah, menjadikan tomat sebagai buah sayur yang cukup favorit. Tetapi, masih banyak pula masyarakat yang kurang suka mengkonsumsi tomat. Terutama jika tomat tersebut dihidangkan masih dalam keadaan mentah tanpa dimasak. Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang budidaya tanaman tomat hidroponik, maka berikut ini akan kami jabarkan manfaat buah tomat hidroponik untuk kesehatan tubuh kita.

Didalam buah tomat, mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat penting untuk tubuh kita. Diantaranya adalah, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K dan Vitamin B6, serta mengandung kalium, folat, thiamin, niacin, magnesium, fosfor, tembaga dan mineral lainnya. Dan yang paling utama dari tomat ini adalah kandungan antioksidan yang sangat diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas, yang disinyalir menjadi penyebab utama kanker. Berikut ini beberapa manfaat buah tomat, diantaranya :

1. Pencegah Kanker
Kandungan antioksidan yang dimiliki tomat, dapat berguna dalam mencegah tumbuhnya penyakit kanker, seperti halnya kanker usus, kanker prostat, kanker tenggorokan, kanker lambung, kanker ovarium dan kanker payudara. Berdasarkan hasil penelitian di Rutgers University, New Jersey di Amerika Serikat (AS), satu gelas jus tomat setiap hari dapat menangkal kanker payudara. Sehingga, perempuan yang memperbanyak asupan tomat memiliki hormon penangkal kanker lebih banyak. Jus tomat juga mengandung lycopene, yaitu zat merah pada tomat yang dapat menangkal kanker payudara. Penelitian sebelumnya juga menyebutkan bahwa lycopene dapat melawan kanker payudara dengan menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Disamping itu, selain dapat mencegah kanker payudara, lycopene juga dipercaya mampu melindungi dari serangan kanker prostat.

2. Mencegah Penyakit Diabetes
Didalam buah tomat, memiliki kandungan zat kromium. Dimana zat inilah yang berkemampuan untuk mencegah penyakit kanker dengan cara menyeimbangkan kadar gula didalam darah. Sehingga kita akan terhindar dari bahaya penyakit diabetes. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi langsung buah tomat yang segar secara rutin.

3. Menghilangkan Jerawat
Bagi anda yang memiliki masalah dengan jerawat, tomat dapat menjadi salah satu solusinya. Cara untuk menghilangkan jerawat dengan tomat yaitu dengan mengkonsumsi langsung buahnya setiap hari dan dibantu dengan perawatan luar. Yakni,bersihkan kulit wajah yang berjerawat terlebih dahulu dengan air hangat. Setelah itu belah tomat menjadi 2 bagian lalu gosokkan pada wajah anda. Diamkan selama 20 menit, lalu bersihkan dengan air dingin. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari.

4. Menyehatkan Rambut dan Kulit Kepala
Buah tomat, juga dapat digunakan sebagai bahan untku melakukan perawatan rambut. Hal ini dapat bermanfaat dalam mencegah rambut rontok, rambut kering, rambut berminyak dan ketombe. Caranya adalah dengan mengkonsumsi langsung buah tomat atau juga dapat dengan diblender dan tambahkan 2 sendok madu.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata
Daya kemampuan penghilatan manusia akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini dapat anda atasi dengan mengkonsumsi buat tomat setiap hari. Kandungan vitamin A didalam tomat, akan membantu anda untuk meningkatkan kesehatan mata.

6. Melancarkan saluran pencernaan
Buah tomat sangat ampuh dalam mengatasi masalah saluran pencernaan, termasuk susah buang air besar. Kandungan serat yang tinggi didalam tomat, sangat bagus dalam membantu anda untuk mengatasi penyakit atau gangguan didalam saluran pencernaan.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat utama dari tanaman tomat, semoga artikel ini dapat membuat anda semakin gemar mengkonsumsi tomat. Tidak lupa juga, untuk menunjang pola hidup sehat, Anda harus tetap mengkonsumsi sayuran hidroponik yang berkhasiat tinggi dalam menjaga kesehatan.

Dipersembahkan oleh : DuniaPertanian.net
Bagikan ke teman-temanmu yuk...

Postingan populer dari blog ini

Jangan Salah Pilih Bibit Tanaman Hidroponik

Persiapan Lahan Budidaya Cabai Hidroponik Sistem Fertigasi

Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon