Cara Menanam Tanaman Melon Hidroponik Sederhana


Cara menanam melon hidroponik - Menanam secara hidroponik sekarang ini telah menjadi teknik penanaman modern yang banyak dikembangkan oleh para petani modern. Dengan menggunakan teknik ini, petani tidak perlu menyediakan tanah yang luas. Media tanah dapat diganti dengan sekam, bubuk kayu, atau media yang lain. Biasanya, tanaman yang sering dibudidayakan secara hidroponik adalah sayuran. Akan tetapi, ternyata buah-buahan juga bisa ditanam secara hidroponik, diantaranya adalah buah melon. Cara menanam melon hidroponik pun sangat sederhana dan dengan mudah dapat diikuti oleh semua orang.

cara menanam melon hidroponik

Dengan teknik menanam ini, perhatian Anda dikhususkan pada kepekaan tumbuhan dalam menyerap nutrisi. Satu-satunya nutrisi yang didapat oleh tanaman yang ditanam secara hidroponik adalah dari air nutrisi. Jadi, hal ini perlu mendapat perhatian khusus.

Cara Menanam Tanaman Melon Secara Hidroponik

Cara menanam melon hidroponik sebenarnya sangat sederhana. Selain nutrisi, hal penting yang harus Anda perhatikan adalah teknik penyemaian. Pastikan benih yang disemai adalah benih terbaik. Cara mengetahui apakah benih atau biji melon ini berkualitas atau tidak adalah dengan cara merendamnya. Bibit yang baik akan tenggelam dan bibit yang tidak baik akan terapung.

Langkah selanjutnya, persemaian bisa dilakukan di sebuah wadah berisi kapas basah yang ditempatkan dalam sebuah wadah. Diamkan selama dua sampai tiga hari. Pastikan selalu jaga kelembapan permukaan kapas agar mendapatkan bibit yang terbaik. Tahap penyemaian ini sebenarnya hampir sama dengan cara menanam melon pada umumnya. Hanya saja, medianya tidak menggunakan tanah.

tanaman hidroponik melon

Setelah mendapatkan bibit tanaman hidroponik melon terbaik, Anda bisa menyemainya dan mulai menanamnya secara hidrponik. Pastikan selama tanaman tumbuh, tangki air nutrisi selalu dalam kondisi baik. Semua rangkaian aliran air dari tangki ke media-media tanam tidak boleh terganggu agar melon hidroponik dapat tumbuh dengan baik.

Sangat mudah bukan menanam melon dengan teknik hidroponik? Salah satu keunggulan dari menanam dengan teknik ini adalah biayanya lebih murah dibandingkan dengan menanam secara konvensional. Anda pun tidak perlu membuka lahan yang luas untuk bertani. Demikian adalah uraian sederhana mengenai Cara menanam melon hidroponik.


Dipersembahkan oleh : DuniaPertanian.net
Bagikan ke teman-temanmu yuk...

Postingan populer dari blog ini

Jangan Salah Pilih Bibit Tanaman Hidroponik

Persiapan Lahan Budidaya Cabai Hidroponik Sistem Fertigasi

Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon