Mengenal Tanaman Hidroponik


tanaman-hidorponik
Pada dasarnya tanaman hidroponik memiliki konsep yang sama dengan tanaman konvensional atau pertanian konvensional. Satu hal yang membedakan tanaman hidorponik dengan tanaman lainnya adalah media tumbuh tanaman hidroponik menggunakan air (larutan nutrisi). Dalam tanaman hidroponik, air memegang peranan penting dalam pertumbuhan tanaman. Untuk dapat tumbuh dengan optimal, maka air sebagai media tumbuh tanaman hidroponik perlu diberikan pupuk atau nutrisi. Sebagai tanaman pada umumnya, tanaman hidroponik juga memerlukan pemupukan untuk dapat tumbuh dan memberikan hasil yang optimal.

Tanaman Hidroponik dapat tumbuh dengan optimal dengan syarat harus memenuhi 4 faktor utama, antara lain adalah : air, udara, cahaya matahari dan nutrisi. Jika salah satu faktor tersebut tidak terpenuhi, maka pertumbuhan tanaman hidroponik tidak akan mampu tumbuh dengan maksimal. Faktor air, sebagai media tumbuh utama tanaman harus berasal dari sumber yang bersih dan tidak tercemar. Kondiri air yang kurang bersih atau bahkan tercemar, akan mempengaruhi kemampuan akar dalam menyerap nutrisi yang terlalur didalam air. Oleh karena itu, dalam bertanam secara hidroponik diperlukan sumber air yang bersih dan bebas dari pencemaran. Sehingga tanaman hidroponik dapat tumbuh dengan baik dan memberikan hasil panen optimal.

Faktor kedua yaitu adalah Udara, sama hal nya dengan makhluk hidup lainnya, tanaman hidroponik menggunakan udara sebagai bahan untuk pernafasan. Tanaman juga menggunakan udara ini sebagai bahan (substrat) untuk melakukan aktifitas Fotosintesis. Proses fotosintesis ini memegang peranan penting dalam pertumbuhan tanaman, karena energi yang diperlukan tanaman untuk tumbuh secara vegetatif ataupun generatif diperoleh dari hasil proses fotosintesis ini.

Faktor ketiga adalah cahaya matahari, yang akan digunakan tanaman sebagai sumber energi untuk proses fotosintesis. Jika udara sebagai substrat, maka energi matahari ini adalah sebagai bahan bakar dalam proses fotosintesis. Jika kita berada dalam suatu tempat yang hanya mendapat penerangan matahari dalam jangka pendek, maka keberadaan sinar matahari ini dapat digantikan dengan menggunakan lampu “grow light” yaitu lampu khusus yang akan menghasilkan cahaya sesuai dengan kebutuhan tanaman hidroponik.

Faktor keempat adalah nutrisi, yang merupakan faktor pendorong pertumbuhan tanaman dengan optimal. Jika tanaman hidroponik telah memenuhi 3 faktor lain tanpa faktor nutrisi, maka tanaman hidroponik akan tetap dapat hidup, tetapi tidak dapat tumbuh dengan optimal dan pertumbuhannya pun cenderung lambat. Oleh karena itu, untuk dapat dengan tumbuh dengan optimal, tanaman hidroponik perlu diberikan nutrisi sesuai dengan kebutuhan tanaman. Dalam tanaman hidroponik, nutrisi dibedakan dalam 2 jenis, yakni Nutrisi Mix A dan Nutrisi Mix B. Dimana Nutrisi Mix A adalah nutrisi untuk kebutuhan unsur hara makro tanaman hidroponik. Sedangkan Nutrisi Mix B adalah nutrisi untuk memenuhi kebutuhan unsur hara mikro tanaman hidroponik.

Dengan terpenuhinya keempat faktor tersebut, maka tanaman hidroponik akan dapat tumbuh dengan optimal. Satu keunggulan lain dari tanaman hidroponik ini adalah, tanaman akan mampu tumbuh lebih cepat dan optimal dibandingkan dengan tanaman yang ditanam secara konvensional.

Dipersembahkan oleh : DuniaPertanian.net
Bagikan ke teman-temanmu yuk...

Postingan populer dari blog ini

Jangan Salah Pilih Bibit Tanaman Hidroponik

Persiapan Lahan Budidaya Cabai Hidroponik Sistem Fertigasi

Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon