Cara Mudah Dalam Mengukur pH Air Hidroponik


Cara Mudah Dalam Mengukur pH Air Hidroponik – Untuk menjaga tanaman tetap produktif, banyak faktor yang harus diperhatikan, salah satunya adalah pH air.

Tingkat keasaman air akan berpengaruh terhadap kesuburan tanaman tersebut. Sayangnya, faktor pH air sering kali terabaikan padahal dapat berakibat buruk pada tanaman.

Tingkat pH air yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat memberikan pengaruh terhadap tingkat penyerapan nutrisi.

ph

Ketidak-seimbangan pH bisa mengakibatkan terganggunya pertumbuhan tanaman.

Untuk mengetahui level pH air, maka harus dilakukan pengukuran terlebih dahulu. Mengontrol tingkat pH sebenarnya tidak sulit dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Yang harus diperhatikan, setiap tanaman membutuhkan level keasaman pH yang berbeda-beda.

Hendaknya, pahami dulu jenis tanaman tersebut sebelum merubah level pH. Selain itu, beberapa faktor lain seperti keadaan tanah atau cuaca juga harus menjadi bahan pertimbangan.

Cara mengukur pH air

Diantara kebiasaan baik yang dapat membantu dalan keberhasilan budi daya tanaman adalah rutin mengukur tingkat pH air.

Hal ini diperlukan guna menghindari kesalahan yang dapat mengkibatkan kesehatan dan kesuburan tanaman nantinya.

  1. Ketika akan mengukur tingkat pH air, hendaknya jangan menuang terlebih dahulu cairan air nutrisi. Pada prosesnya, cairan air nutrisi yang dituangkan terlebih dulu akan berpengaruh pada level pH sehingga tidak akurat ketika diukur.
  2. Pastikan terlebih dahulu apakah aerator menyala dengan baik atau tidak. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan akurat, aerator harus berfungsi sempurna dan tidak mendapatkan hambatan apapun.
  3. Periksa tingkat pH air menggunakan alat pengukur pH. Letakkan dalam air kurang lebih selama tiga detik agar hasil yang didapat akurat. Setelah itu, angkat dan tunggu beberapa saat sampai hasilnya keluar.
  4. Setelah mengetahui hasilnya, cobalah untuk menambahkan cairan nutrisi jika kadar pH terlalu tinggi atau terlalu rendah. Tuangkan cairan tersebut ke dalam air secara perlahan hingga tercampur rata.
  5. Periksa kembali tingkat pH dengan cara yang sama hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

Cara menaikkan atau menurunkan pH air

Setelah mengetahui cara mengukur pH air, langkah selanjutnya adalah menambah atau mengurangi pH air untuk mendapatkan komposisi yang tepat. Ada dua cara yang dapat ditempuh untuk menaikkan atau menurunkan tingkat pH air.

  • Secara organik

Menaikkan kadar pH air secara organic dapat menggunakan baking soda. Sedangkan untuk menurunkan tingkat pH secara organic bisa menggunakan citric acid. Gunakan sedikit demi sedikit untuk mendapatkan komposisi yang tepat.

  • Secara anorganik

Untuk menaikkan tingkat pH air secara anorganik bisa menggunakan potassium hydroxide. Sedangkan untuk menurunkan tingkat pH air secara anorganik bisa dengan menggunakan phosphoric acid.

Baca Artikel Lainnya :

  • Cara mengelola Lahan Miring Dengan Menggunakan Metode SALT
  • Peranan P Bagi Pertumbuhan Tanaman
  • Panduan dan Cara Membuat Pupuk Bokashi

Dipersembahkan oleh : DuniaPertanian.net
Bagikan ke teman-temanmu yuk...

Postingan populer dari blog ini

Jangan Salah Pilih Bibit Tanaman Hidroponik

Persiapan Lahan Budidaya Cabai Hidroponik Sistem Fertigasi

Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon