Hidroponik Sederhana di Rumah


tanaman-hidroponik
Anda seorang penggemar konsumsi sayur atau mungkin Anda pemberhati hidup sehat dengan mengkonsumsi sayur-sayuran sehat dan higenis ? maka artikel ini akan memberi Anda sebuah konsep baru dalam hidup sehat melalui tanaman hidroponik sederhana di rumah Anda. Para pencinta sayuran, pada umumnya akan menaruh perhatian lebih terhadap sayuran yang akan dikonsumsinya. Sehingga mereka akan lebih selektif dan berhati-hati dalam memilih sayuran, bahkan mereka bersedia membayar lebih mahal untuk mendapatkan sayuran yang sehat dan sayuran bernutrisi tinggi. Melalui artikel ini akan menjawab segala kriteria sayur sehat dan Anda akan lebih menghemat pengeluaran untuk mendapatkan sayuran yang sehat dan higenis.

Bertanam dengan sistem hidroponik sederhana, dapat diaplikasikan di rumah Anda sehingga bisa didapatkan sayuran yang sehat dan higenis. Dengan bertanam secara hidroponik sederhana, Anda dapat menanam sendiri sayuran kegemaran dan dapat langsung mengkonsumsinya tanpa rasa takut atau khawatir. Ketika Anda memilih untuk bertanam hidroponik secara sederhana di rumah Anda, maka pada Anda akan mendapatkan pengalaman baru dalam bercocok tanam. Karena sistem hidroponik ini sangat berbeda dengan pertanian pada umumnya.

Alat yang sederhana dan mudah diaplikasikan oleh siapa saja, membuat sistem bertanam hidorponik ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menghasilkan sayuran dari rumah Anda sendiri. Disisi lain, bertanam secara hidroponik tidak memerlukan perawatan yang sulit dan biaya nya pun relatif murah dibandingkan dengan bertanam secara konvensional. Terdapat 2 sistem hidroponik sederhana yang dapat diaplikasikan dalam skala rumah tangga, yakni Sistem Hidroponik Sumbu dan Sistem Hidroponik NFT. Kedua sistem hidroponik tersebut dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin memproduksi sayuran senidri, sehingga dapat dipastikan kesegaran dan kebersihannya.

Sistem hidroponik Sumbu, merupakan sistem hidroponik sederhana yang sistem kerja nya mirip dengan kompor sumbu. Dimana nutrisi disalurkan ke akar tanaman menggunakan perantara sumbu. Sistem ini merupakan sistem hidroponik yang paling sederhana dibandingkan dengan sistem yang lain. Selain itu sistem hidroponik sumbu ini juga merupakan sitem hidroponik yang paling murah dibandingkan sistem lain, karena tidak memerlukan energi / arus listrik. Sehingga biaya perawatannya mudah dan murah.

Sistem hidroponik NFT merupakan sistem hidorponik sederhana yang sangat sesuai untuk diaplikasikan di rumah Anda. Sistem ini mampu menghasilkan sayuran dengan pertumbuhan optimal. Karena dalam sistem hidroponik NFT ini, air dipompa secara terus menerus menuju akar tanaman, sehingga air tersikulasi dengan baik. Untuk mensirkulasi air, sistem hidroponik NFT memerlukan pompa air, sehingga sistem ini memerlukan daya listrik sebagai energi pompa untuk mensirkulasi air.

Itulah dua sistem hidroponik sederhana yang dapat Anda aplikasikan didalam rumah Anda. Sehingga Anda dapat menghasilkan sayuran secara mandiri dari dalam rumah, tanpa harus khawatir dengan kebersihan dan kesegarannya. Sebagai penambah semangat Anda, kami informasikan pula keuntungan menanam sayuran secara hidroponik.

Dipersembahkan oleh : DuniaPertanian.net
Bagikan ke teman-temanmu yuk...

Postingan populer dari blog ini

Jangan Salah Pilih Bibit Tanaman Hidroponik

Persiapan Lahan Budidaya Cabai Hidroponik Sistem Fertigasi

Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon