Arang Sekam Media Tanam Hidroponik yang Steril Murah dan Efesien


DuniaPertanian.net - Arang Sekam Media Tanam Hidroponik yang Steril Murah dan Efesien - Hidroponik adalah teknik budidaya tanaman tanpa tanah. Nutrisi atau pupuk sebagai makanan tanaman diberikan dalam bentuk cair sehingga tidak membutuhkan tanah. Arang sekam untuk apa? Dalam budidaya tanaman organik, arang sekam digunakan sebagai tempat tanaman agar bisa berdiri.

Sebenarnya peranan arang sekam dapat digantikan dengan bahan lain, misalnya pasir, sabut kelapa, kokopit (cocopeat), benang wol, kerikil, rockwoll, dan bahan lain yang sejenis. Namun lebih kami lebih suka menggunakan arang sekam karena memiliki banyak kelebihan dibanding media lainnya.

Kelebihan arang sekam sebagai media tanam hidroponik dibandingkan dengan media lainnya salah satunya adalah dari komposisi kimiawinya. Berikut ini komposisi kimiawi sekam:

Arang Sekam Media Tanam Hidroponik yang Steril Murah dan Efesien
  1. Kadar air 9,02%
  2. Protein kasar 3,03%
  3. Lemak 1,18%
  4. Serat kasar 35,68%
  5. Abu 17,71%
  6. Karbohidrat kasar 33,71%
  7. Karbon (zat arang) 1,33%
  8. Hidrogen 1,54%
  9. Oksigen 33,64%
  10. Silika 16,98%
Arang Sekam Media Tanam Hidroponik yang Steril Murah dan Efesien
 
Berikut ini kelebihan lain penggunaan arang sekam sebagai media tanam hidroponik:
  1. Arang sekam merupakan media tanam hidroponik yang steril karena proses pembuatannya melalui pembakaran, sehingga segala unsur yang dapat merugikan tanaman telah turut terbakar.
  2. Murah. Arang sekam murah harganya, mudah didapat, bahkan di pedesaan kita bisa mendapatkan sekam tanpa membeli, kita bisa membuat arang sekam sendiri dengan mudah. Caranya silahkan baca pada postingan sebelumnya.
  3. Efisien. Aram sekam sangat efisien sebagai media tanam hidroponik karena bobotnya yang ringan, mudah cara mendapatkannya, cepat cara membuatnya, dan mudah cara aplikasinya.
Selain beberapa kelebihan di atas, saya yakin masih banyak kelebihan lain dari penggunaan arang sekam sebagai media tanam hidroponik.
 
Arang Sekam Media Tanam Hidroponik yang Steril Murah dan Efesien
 
Info:
Sebelumnya kami belum pernah membuat arang sekam, hanya bermodalkan membaca dari internet, kami langsung praktek membuat arang sekam, hasilnya Alhamdulillah berhasil, meskipun dalam proses pembakarannya terjadi hujan deras. Kami kira gagal karena api akan padam, namun kenyataanya bara api tidak padam dan tetap membakar seluruh sekam hingga bagian luar yang basah oleh hujan.

Kami membuat arang sekam dengan 2 karung besar, setelah dilakukan pembakaran, kami mendapatkan arang sebanyak 3 karung kecil. Lumayan banyak untuk kami gunakan sebagai media tanam hidroponik sebagai pemula.

Selamat mencoba, semoga sukses.

Dipersembahkan oleh : DuniaPertanian.net
Bagikan ke teman-temanmu yuk...

Postingan populer dari blog ini

Jangan Salah Pilih Bibit Tanaman Hidroponik

Persiapan Lahan Budidaya Cabai Hidroponik Sistem Fertigasi

Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon