Kunci Sukses Tanaman Hidroponik


tanaman-bayam-hidroponik
Beberapa orang yang mulai budidaya tanaman hidroponik sering mengeluh dengan kegagalan. Tanaman Hidroponik yang mereka budidayakan tidak tumbuh dengan optimal. Setelah menunggu waktu tumbuh yang cukup lama (kurang lebih 4 minggu) tetapi tanaman yang dibudidayakan tidak tumbuh dengan optimal, hal ini akan menyebabkan kita mudah menyerah. Dalam senin budidaya tanaman di bidang pertanian, kesabaran merupakan faktor yang paling di uji. Dengan kesabaran yang tinggi, maka kita akan mampu merawat tanaman yang kita budidayakan dengan baik sehingga memberikan hasil yang baik pula.

Untuk dapat sukses dalam budidaya tanaman hidroponik, maka anda perlu mengetahui letak kunci kesuksesan tersebut yakni prinsip dasar budidaya tanaman hidroponik. Kunci sukses dalam budidaya tanaman hidroponik adalah kontrol nutrisi hidroponik dan tersedia nya sinar matahari yang cukup. Faktor terpenting yang yang perlu kita perhatikan dalam budidaya tanaman hidroponik adalah kadar nutrisi yang kita berikan pada tanaman. Agar tanaman hidroponik dapat tumbuh dengan optimal, maka nilai nutrisi yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan tanaman. Misal kita menanam tanaman bayam hidroponik, maka kita harus paham nilai atau kadar nutrisi yang diperlukan oleh tanaman bayam ini.

Tanaman bayam yang ditanam secara hidroponik dapat tumbuh dengan optimal pada kadar nutrisi 1400-1600 ppm. Satuan ppm merupakan kependekan dari part per million , satuan ini menunjukkan nilai nutrisi terlalarut dalam satu liter air. Jika kadar nutrisi hidroponik yang kita berikan pada tanaman bayam masih jauh dari angka kebutuhan tersebut, maka tanaman bayam hidroponik kita tidak akan dapat tumbuh dengan optimal. Jika nilai kadar nutrisi terlalu rendah atau terlalu tinggi, maka tanaman hanya akan tumbuh dengan kerdil. Sehingga waktu anda dalam budidaya tanaman hidroponik akan banyak terbuang.

Selain dari faktor kadar nutrisi larutan, faktor yang tidak kalah penting adalah ketersediaan sinar matahari. Tanaman bayam dapat tumbuh dengan optimal meskipun tidak terpapar sinar matahari sepanjang hari. Paling tidak, anda harus memberikan sinar matahari kepada tanaman bayam anda minimal 4 jam sehari. Sehingga tanaman dapat tumbuh kembang dengan optimal dan memberikan hasil yang bagus.
Itulah dua kunci sukses budidaya tanaman hidroponik yang perlu anda pelajari. Sehingga anda tidak perlu membuang waktu untuk menunggu hasil dari tanaman hidroponik. Selamat Mencoba !

Dipersembahkan oleh : DuniaPertanian.net
Bagikan ke teman-temanmu yuk...

Postingan populer dari blog ini

Jangan Salah Pilih Bibit Tanaman Hidroponik

Persiapan Lahan Budidaya Cabai Hidroponik Sistem Fertigasi

Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon