10 Jenis Sayuran Hidroponik Bernutrisi Tinggi


manfaat-sayuran-hidroponik
Hampir setiap hari, kita menyantap berbagai jenis sayuran dalam beraneka ragam olahan. Beberapa dari kita, lebih suka dalam bentuk segar tanpa dimasak, seperti lalap atau salad. Tetapi sebagai lain, lebih senang mengkonsumsi sayur yang telah diolah, seperti halnya ditumis atau diolah dalam bentuk sup. Bahkan, beberapa jenis sayuran akan lebih nikmat ketika dikonsumsi dalam bentuk olahan yang telah di blender atau dihaluskan. Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Dibalik semua itu, apakah kita mengetahui berbagai manfaaat dari jenis-jenis sayuran hidroponik yang kita konsumsi ? Berikut ini merupakan penjelasan singkat, tentang beberapa jenis sayuran hidroponik bernutrisi tinggi yang sering kita konsumsi :

1. Sawi Hijau
Sayuran ini dapat membantu mencegah kanker, khususnya kanker prostat, kanker usus, kanker payudara, dan kanker ovarium. Sawi juga sarat dengan nilai mineral, diantaranya : kalium, magnesium, asam folat. Selain itu, sawi juga mengandung beberapa jenis vitamin, yakni : Vitamin C, Vitamin E, karoten dan glukosinolat yang berfungsi membantu anda untuk memerangi radikal bebas dan menyembuhkan infeksi.

2. Kailan
Sayuran ini kaya akan kandungan kalium, kalsium, dan serat. Sehingga sangat baik untuk pencernaan dan tulang kita. Selain itu, sayuran kailan juga bermanfaat untuk mencegah penuaah dini. Terdapat trik khusus dalam memasak sayuran hidroponik kailan, pastikan anda tidak terlalu matang dalam memasaknya. Karena ini berkaitan dengan kandungan nutrisi didalamnya.

3. Selada Hijau
Selada merupakan salah satu sayuran yang kaya akan mineral, mulai dari mangan, tembaga, kalsium, pottasium dan kalium yang semuanya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kita. Selada juga kaya akan kandungan vitamin C yang dapat mencegah penuaan dini serta meningkatkan kesuburan organ-organ reproduksi, dan yang pastinya bermanfaat pula untuk janin.

4. Buncis
Kandungan serat dalam sayur buncis dapat membantu pankreas untuk memproduksi insulin, yang bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2. Buncis yang berasal dari negara Peru, mengandung senyawa antikoksidan yang sangat baik bagi kesehatan. Bagi ibu hamil, sayuran hidroponik buncis ini sangat baik untuk memperlancar ASI.

5. Pare
Sayuran yang terkenal memiliki rasa pahit ini, ternyata memiliki banyak manfaat. Sayur Pare tinggi akan kandungan serat, kalium, kalsium, zat besi serta vitamin C dan A. Pare juga berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan tekanan darah. Komponen saponin pada pare bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

6. Pakcoy
Pakcoy merupakan sayurang yang memiliki kandungan asam folat, kalium, vitamin A, D, dan C yang sangat tinggi. Dimana hal itu sangat memberikan efek baik untuk kesehatan jantung kita. Selain itu, pakcoy juga kaya akan kandungan glucosinolates yang merupakan antioksidan untuk mencegah kanker prostat dan payudara.

7. Bayam
Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang paling mudah untuk didapatkan. Tetapi siapa sangka, ternyata sayuran hidroponik bayam ini memiliki manfaat yang luar biasa. Bayam memiliki dua kali zat besi dibandingkan dengan sayuran lainnya, yang sangat baik untuk kesehatan darah. Bayam juga mengandung 13 jenis komponen flavonoid dan klorofil yang membantu mencegah kanker. Baik bagi yang berusia lanjut, karena dapat menambah nutrisi pada otot dan persendian serta mencegah katarak dengan kandungan luteinnya.

8. Timun
Bagi pencinta lalapan, timun merupakan salah satu jenis sayuran yang paling segar karena mengandung banyak air. Timun dapat menyegarkan tubuh dan baik bagi rambut serta kulit anda, dibandingkan ketika anda menggunakan masker. Mengkonsumsi timun dapat membantu memperlancar penercaan. Disisi lain, kandungan mangan, folat, magnesium, leutin, serta klorofil mampu mengurangi resiko penyakit jantung dan depresi.

9. Kangkung
Hampi semua orang, mengenal kangkung sebagai sayuran penyebab kantuk. Tetapi siapa sangka, jika kangkung juga memberikan efek yang luar biasa untuk kesehatan kita. Untuk penderita diabetes, sayuran hidroponik kangkung dapat menghambat penyerapan gula dalam darah. Hebatnya lagi, kangkung kaya akan mineral seperti : kalium, fosfor, kalsium dan vitamin B kompleks. Sehingga dapat membantu meningkatkan horman yang merangsang rasa nyaman didalam tubuh.

10. Brokoli
Bukan hanya untuk orang dewasa, brokoli juga sangat baik untuk balita. Brokoli memiliki khasiat dapat mencegah resiko kanker, karena kandungan antioksidan sulforaphane dan lutein yang terdapat didalamnya. Brokoli juga mengandung vitamin C yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, membantu mengontrol gula darah dan melawan radikal bebas. Dari sisi kandungan serat, brokoli mampu mencegah sembelit.

Itulah sederatan manfaat dan khasiat beberapa jenis sayuran hidroponik yang sering kita konsumsi sehari-hari. Semoga dengan khasiat dan manfaat ini, kita semakin gemar dalam mengkonsumsi sayuran untuk menjaga kesehatan kita.

Dipersembahkan oleh : DuniaPertanian.net
Bagikan ke teman-temanmu yuk...

Postingan populer dari blog ini

Jangan Salah Pilih Bibit Tanaman Hidroponik

Persiapan Lahan Budidaya Cabai Hidroponik Sistem Fertigasi

Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon