Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon



Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon - Seperti yang anda ketahui, belakangan ini menanam dengan cara hidroponik masih sangat digandrungi. Banyak alasan mengapa orang-orang semakin suka menggunakan cara ini. Beberapa alasan utamnya adalah, karena tidak membutuhkan lahan yang luas dan membuat para pengguna cara ini semakin kreatif, karena mereka bisa berinovasi menemukan cara menanam hidroponik dengan memanfaatkan barang-barang yang ada disekitar mereka. Ya, meskipun ada beberapa teknik dasar dalam menggunakan cara ini, namun setiap orang bisa melakukan improvisasi pada peralatan menanam hidroponik mereka.
Cara yang paling sering digunakan adalah dengan menggunakan paralon, ini karena paralon mudah didapatkan, dan juga karena pada satu paralon cukup untuk menanam beberapa tumbuhan sekaligus. Karena hal tersebut pulalah, semakin banyak orang yang mencari tahu cara membuat hidroponik dengan paralon.
Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon
Nah, bagi anda yang baru memulai atau ingin menambah referensi tentang membuat alat hidroponik, berikut adalah cara membuat hidroponik dengan paralon yang bisa langsung anda coba.

1. Cara membuat hidroponik dengan paralon yang pertama
Bahan dan alat yang harus anda sediakan terlebih dahulu adalah tentu saja paralon dengan ukuran 2,5 atau 3 inchi, mesin bor, penyambung paralon berupa T dan L, netpot, sumbu dan rockwol.
Cara membuatnya adalah :
  • Tentukan terlebih dahulu ukuran dan dimensi yang ingin anda buat para peralatan hidroponik anda. Misalnya anda ingin membuat 20 lubang untuk menanam dengan 4 potong pipa paralon anda, maka anda bisa mengukurnya terlebih dahulu dan memberikan jarak yang tepat agar tumbuhan anda tidak merasa kesempitan pada saat tumbuh nantinya.
  • Buatlah lubang dengan mesin bor pada ukuran yang telah anda siapkan sebelumnya.
  • Lalu anda bisa memasang sumbu dan peralatan lain yang dibutuhkan untuk menanam tanaman dengan cara hidroponik
  • Lalu anda tinggal menggabungkannya dengan paralon T dan L yang sudah anda siapkan.
Cara Membuat Tanaman Hidroponik Dengan Paralon
Cara Membuat Tanaman Hidroponik Dengan Paralon
2. Cara membuat hidroponik dengan paralon yang kedua
Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah paralon dengan ukuran 3 inchi sebanyak 5 buah, penyambung paralon L 7 buah, tangki untuk menampung  air dengan kapasitas 40 L, gelas plastik bekas minuman sebanyak-banyaknya, irisan batang pohon pakis, satu set pompa yang biasa untuk aquarium, dan pupuk untuk dijadikan air nutrisi.
Cara membuatnya adalah sebagai berikut :
  • Buatlah lubang sesuai ukuran gelas plastik yang sudah anda siapkan sebelumnya dan beri jarak 10 cm pada setiap lubangnya.
  • Pasangkan pompa listrik anda dan pasang juga paralon anda hingga membentuk urutan dan susunan seperti bentuk ular.
  • Isi gelas anda dengan batang pakis sebagai media tanam anda hingga sepertiga bagian gelas plastik,dan masukan bibit tanaman yang ingin anda tanam dan berikan lagi batang pakis sedikit diatasnya.
  • Masukan gelas plastik di lubang, berikan larutan air nutrisi yang sudah dipersiapkan, masukan pada wadah penampung dan nyalakan pompa airnya.

Perhatikan agar air nutrisi yang ada pada tangki penampung selalu ada pada di atas pompa anda, agar pompa anda selalu terkena air dan menjadi lebih awet, jadi anda tidak perlu sering-sering membeli pompa. Perhatikan juga air nutrisi yang anda berikan agar selalu seimbang, tidak kekurangan atau berlebihan karena nutrisi yang bisa diterima tumbuhan dari air nutrisi tersebut.
Itulah beberapa cara membuat hidroponik dengan paralon yang tidak terlalu sulit, dan membutuhkan banyak biaya untuk anda coba. Selamat mencoba dan semoga berhasil.



Dipersembahkan oleh : DuniaPertanian.net
Bagikan ke teman-temanmu yuk...

Postingan populer dari blog ini

Jangan Salah Pilih Bibit Tanaman Hidroponik

Persiapan Lahan Budidaya Cabai Hidroponik Sistem Fertigasi