Cara Menanam Tanaman Hidroponik


tanaman-hidroponik
Tanaman hidroponik merupakan tanaman yang dibudidayakan dengan menggunakan media air yang dicampur dengan nutrisi tanaman. Hidroponik ini sangat cocok bagi anda yang tidak memiliki lahan luas dan subur, karena tanaman hidroponik tidak memerlukan tanah sebagai media tumbuh. Tidak diperlukan keahlian khusus dalam menanam tanaman hidroponik, yang terpenting kita bisa memahami prinsip dasar dalam cara menanam tanaman hidroponik. Sebelum menanam tanaman hidroponik, maka kita perlu mempelajari beberapa hal penting yang menunjang kesuksesan dalam budidaya tanaman hidroponik. Berikut ini merupakan faktor-faktor penting dalam kesuksesan hidroponik :

1 Air dan Larutan Nutrisi
Air memegang peranan penting dalam keberhasilan tanaman hidroponik. Tidak semua air bisa menjadi media tumbuh yang baik untuk tanaman. Air yang ideal untuk dapat menjadi media tumbuh yang baik adalah air yang memiliki pH 6.5 - 7.5 dan memiliki kandungan mineral terlarut (EC) tidak lebih dari 200ppm. Jika air dirumah kita memiliki kriteria tersebut, maka air tersebut dapat menjadi media tumbuh tanaman hidroponik yang baik. Kondisi air yang ideal akan mampu menyatu sempurna dengan nutrisi tanaman. Nutrisi tanaman hidroponik terdiri dari 2 jenis yaitu Nutrisi Mix A dan Nutrisi Mix B. Masing-masing nutrisi tersebut memiliki kandungan unsur yang berbeda. Dan setiap tanaman yang dibudidayakan secara hidroponik memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Untuk dapat mengetahui nilai ppm yang diperlukan oleh tanaman, maka diperlukan alat untuk mengukur nutrisi hidroponik.


2 Cahaya Matahari
Untuk dapat tumbuh dengan optimal, setiap tanaman memerlukan cahaya matahari untuk menunjang proses fotosintesis. Sama halnya dengan tanaman hidroponik, memerlukan penyinaran matahari yang cukup agar tanaman dapat tumbuh dan memberikan hasil panen yang optimal. Kebutuhan cahaya matahari, disesuaikan dengan jenis tanaman yang dibudidayakan. Ada beberapa tanaman yang memerlukan penyinaran sehari penuh, seperti halnya bayam atau kangkung. Ada pula beberapa jenis tanaman yang tidak memerlukan cahaya matahari penuh, seperti halnya selada. Jika kita berada pada daerah yang panas, maka kita bisa menggunakan naungan untuk mengurangi intensitas cahaya matahari.


3 Oksigen
Oksigen memegang peranan penting dalam kehidupan seluruh makhluk hidup, begitu pula dengan tanaman. Tanaman hidroponik memerlukan oksigen yang cukup, terutama oksigen terlarut didalam air. Semakin tinggi kandungan oksigen didalam air, maka akar tanaman akan mampu menyerap nutrisi dengan baik. Sehingga tanaman dapat tumbuh dengan optimal.

Jika kita telah memahami faktor-faktor penting dalam keberhasilan budidaya tanaman hidroponik. Tahap utama yang perlu kita lakukan dalam menanam tanaman hidroponik adalah melalui penyemaian benih hidroponik. Setelah kita memiliki bibit tanaman yang bagus, kita dapat mulai menanam tanaman hidroponik dengan sistem sumbu sederhana.

Dipersembahkan oleh : DuniaPertanian.net
Bagikan ke teman-temanmu yuk...

Postingan populer dari blog ini

Jangan Salah Pilih Bibit Tanaman Hidroponik

Persiapan Lahan Budidaya Cabai Hidroponik Sistem Fertigasi

Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon